Monday, 20 October 2014

Pembuatan Ducting dan Pemasangan Ducting di Jogja , Solo , Purwokerto , Kebumen , Temanggung



DUCTING adalah bahan atau material yang dibuat khusus untuk mengarahkan atau menyalurkan udara atau lainya ke arah tertentu dengan mempertimbangkan tiap-tiap tujuan akhir tersebut manjadi bagian beban terhadap dimensi atau diameter media penyalur pada sepanjang perjalanan hingga titik akhir beban tersebut keluar dari media penyalur.
Jenis material ducting itu sendiri beraneka ragam disesuaikan dengan udara yang akan di salurkan. Pengunaan material yang di gunakan akan mempengaruhi suhu udara di sepanjang perjalanan menuju titik akhir keluarnya udara.
Beberapa jenis material ducting itu sendiri diantara nya :
1. Ducting BJLS (Seng) tanpa isolasi.
Adalah jenis ducting yang di gunakan untuk menyalurkan udara dimana ducting ini tidak mempertahankan kesetabilan suhu udara yang akan di salurkan. Hanya berfungsi sebagai penyalur saja dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari beberapa tempat ke dalam satu tempat.
Contohnya :
1. Ducting exhaust. Yaitu sirkulasi udara pada suatu ruangan misalnya toilet, tempat parkir , kitchen, dll
2. Ducting fresh air. Yaitu ducting yang di gunakan untuk menyalurkan udara segar dari luar ruangan menuju indoor unit ac seperti AHU ataupun FCU.
3. Ducting Intake. Untuk menyalurkan udara dari luar gedung menuju ruangan yang membutuhkan udara segar. Seperti lahan parkir di basement  suatu gedung , kitchen , gedung perkantoran ,  atau lainya.

2. Ducting BJLS (seng) Isolasi Luar.
Jenis DUCTING ini berbeda dengan Ducting non isolasi diatas. Kalau non isolasi adalah type ducting tampa lapisan apapin , sehingga akan terlihat lapisan seng yang asli begitu juga dengan sambungan ducting nya akan terlihat jelas.
Untuk type ducting ini , dia mengunakan  isolasi ducting yang hanya di balutkan pada bagian luar seng ducting ..yang biasa disebut Glass Wool. Ukuran ketebalan Glass Wool pun membunyai ketebalan yang berbeda , dan digunakan untuk kebutuhan dan aplikasi yang berbeda.
 Jenis tebal glasswool yang biasa di gunakan adalah 24Kg / m3 dengan tebal isolasi 25mm dan 50mm.
Gambar detail isolasi luar.


3. Ducting ( BJLS ) Isolasi Luar Dalam
Jenis ducting ini sebenarnya sangat jarang di gunakan oleh industri , karena tentunya biaya produksinya yang tinggi. Namun kelebihan dari sistem ducting jenis ini adalah , faktor kehilangan suhu udara yang di alirkan didalam ducting bisa mencapai nol persen ( 0 % ).
Material isolasinya pun masih sama menggunakan Glass Wool , namun pada bagian dalam ducting , biasanya dipasang spindle pin dan Glass Sheet ( semacam kain warna putih )dan aluminium foil ,  untuk menutupi Glass Wool yang ada didalam ducting agar tidak rusak terkena udara dingin , maupun hembusan motor fan yang kencang.


Untuk kebutuhan ducting anda , maka kami CV. DWIEKA TEHNIK YOGYAKARTA menawarkan jasa pembuatan dan pemasangan ducting BJLS maupun pre insulated ( PU ) untuk segala jenis kegunaan.


Email : solusirefrigerasi@gmail.com
HP : 082133548505 / 085291525252

Post a Comment