Monday 23 April 2018

Jasa Pemasangan AC dan Ducting Ruang Operasi di Jogja Solo , Clean Room Jogja Solo

Jasa Pemasangan Ducting Ruang Operasi dan Isolasi Rumah Sakit di Jogja Solo.

Kami menerima Jasa Pemasangan AC untuk Ruang Operasi dan Ruang Isolasi pada Rumah Sakit  area Jogja , Solo dan sekitarnya.

Ruang Operasi Rumah Sakit merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam penyelenggaraan pelayanan medik di sarana pelayanan kesehatan. Ruang Operasi adalah suatu unit khusus di rumah sakit yang berfungsi sebagai daerah pelayanan kritis yang mengutamakan aspek hirarki zonasi sterilitas. Oleh karena itu kegagalan dalam pembedahan jangan sampai disebabkan oleh faktor perencanaan dan perancangan fisik bangunan dan utilitasnya yang tidak memenuhi persyaratan teknis.
Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit telah menerangkan mengenai teknis fasilitas ruang operasi persyaratan dan standar rumah sakit yang memenuhi standar pelayanan, keamanan, serta keselamatan dan kesehatan kerja. Dengan adanya undang-undang ini diharapkan kegagalan yang disebabkan faktor fisik bangunan dan utilitasnya dapat dicegah.
Pembangunan Ruang Operasi Rumah Sakit harus bertujuan memperhatikan kaidah-kaidah pelayanan kesehatan, sehingga bangunan ruang operasi yang akan dibuat memenuhi standar kemanan, keselamatan, kemudahan dan kenyamanan bagi pasien dan pengguna bangunan lainnya serta tidak berakibat buruk bagi keduanya.
 Sistem ventilasi.
·         Ventilasi di ruang operasi harus pasti merupakan ventilasi tersaring dan terkontrol. Pertukaran udara dan sirkulasi memberikan udara segar dan mencegah pengumpulan gas-gas anestesi dalam ruangan.
·         Dua puluh lima kali pertukaran udara per jam ( ACH ) di ruang bedah yang disarankan.
·         Filter microbial dalam saluran udara pada ruang bedah tidak menghilangkan limbah gas-gas anestesi. Filter penyaring udara, praktis hanya menghilangkan partikel-partikel debu.
·         Jika udara pada ruang bedah disirkulasikan, kebutuhan sistem scavenger untuk gas (penghisapan gas) adalah mutlak, terutama untuk menghindari pengumpulan gas anestesi yang merupakan risiko berbahaya untuk kesehatan anggota tim bedah.
·         Ruang bedah menggunakan aliran udara laminair.
·         Tekanan dalam setiap ruang operasi harus lebih besar dari yang berada di koridor-koridor, ruang sub steril dan ruang pencucian tangan (;scrub-up) (tekanan positif).
·         Tekanan positif diperoleh dengan memasok udara dari diffuser yang terdapat pada langit-langit ke dalam ruangan. Udara dikeluarkan melalui return grille yang berada pada + 20 cm diatas permukaan lantai.
·         Organisme-organisme mikro dalam udara bisa masuk ke dalam ruangan, kecuali tekanan positip dalam ruangan dipertahankan.
Ruang OK Sesuai Standard:
Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1204/MENKES/SK/X2004, persyaratan Ruang Operasi adalah sebagai berikut: Indeks angka kuma: 10 CFU/m³, Indek pencahayaan: 300 – 500 lux, Standar suhu: 19 – 24 ÂșC, kelembaban: 45 – 60 %, tekanan udara: Positif, Indeks kebisingan 45 dBA dan waktu pemaparan 8 jam. Untuk pemantauan kualitas udara ruang harus dilakukan uji kualitas udara (kuman, debu, dan gas).


Sebagian besar Rumah Sakit belum sepenuhnya sesuai dengan keputusan tersebut diatas, khususnya tekanan udara- nya. Cara pengukuran tekanan udara ini sangat mudah, sekalipun tidak punya alat pengukur khusus, dapat dilakukan dengan cara konvensional, letakan pita ringan didepan pintu ruang operasi (pintu dalam keadaan dibuka sedikit; secukupnya), jika pita tersebut tidak bergerak menjauh dari pintu tersebut maka dipastikan tidak ada tekanan udara dari dalam ruang operasi. Dan selama AC yang dipakai di dalam ruang tersebut tidak menggunakan system supplay dan return air (ada udara yang diambil dari luar dan disaring kemudain masuk kedalam system pendingin untuk didistribusikan di dalam ruangan tersebut, serta adanya pembuangan sebagian udara ke luar ruang operasi melelui system pendingin udara) maka selama itu pula klasifikasi tekanan udara positif tidak pernah akan tercapai.

Produk AC yang siap pasang di pasaran adalah AC type split duct (system kerjanya seperti AC Sentral) tetapi daya listrik yang dibutuhkan relative kecil dan dapat di design untuk masing-masing ruangan operasi. Filter yang dipakai adalah jenis hepa filter yang besaran filternya bervariasi dari 0,5 mikron sampai dengan 0,3 mikron. Design kasar atas keperluan kapasitas AC model ini untuk standar ruang operasi dengan luas 6 x 6 meter tinggi plafon 3 meter dengan kelengkapan peralatan medis didalamnya cukup digunakan AC Split duck dengan kapasitas lebih kurang 6 PK. Biayanya relative murah bila dikaitkan dengan fungsi pemenuhan standard dan kualitas layanan.

LOWER EXHAUST JOGJA – BLOWER EXHAUST SOLO – CLEANING DUCTING EXHAUST JOGJA – CLEANING DUCTING EXHAUST SOLO – CLEANING DUCTING KITCHEN JOGJA – CLEANING DUCTING KITCHEN SOLO – DUCTING EXHAUST JOGJA – DUCTING EXHAUST SOLO – DUCTING KITCHEN JOGJA – DUCTING KITCHEN SOLO – EXHAUST FAN JOGJA – EXHAUST FAN SOLO-HARGA DCUTING MURAH JOGJA-HARGA DUCTING MURAH MAGELANG-HARGA DUCTING MURAH SOLO-HARGA DUCTING MURAH PURWOKERTO-HARGA DUCTING MURAH KUDUS-HARGA DUCTING MURAH PATI-HARGA DUCTING MURAH PURWODADI-HARGA KITCHEN HOOD JOGJA-HARGA KITCHEN HOOD SOLO-HARGA DUCTING JOGJA-HARGA DUCTING SOLO-INSTALASI DUCTING JOGJA-INSTALASI DUCTING SOLO-HARGA DUCTING BJLS JOGJA-HARGA DUCTING BJLS SOLO-HARGA DUCTING PU JOGJA-HARGA DUCTING PU SOLO-TUKANG DUCTING JOGJA-TUKANG DUCTING SOLO-TUKANG DUCTING PURWOKERTO-TUKANG DUCTING PURWODADI-DUCTING SPIRAL JOGJA-HARGA DUCTING PER METER JOGJA-HARGA DUCTING PER METER SOLO-DUCTING SPIRAL SOLO-INSTALASI DUCTING KITCHEN JOGJA-INSTALASI DUCTING KITCHEN SOLO-PEMBUAT DUCTING JOGJA-PEMBUAT DUCTING SOLO-TENAGA DUCTING JOGJA-TENAGA DUCTING SOLO.

Post a Comment