Sunday 15 March 2020

Jasa Instalasi , Perbaikan dan Perawatan HVAC Ruang Isolasi di Jogja Solo

Kontraktor Pembuatan Ruang Isolasi Jogja Solo

Jasa Pembuatan Tata Udara Ruang Isolasi di Jogja , Solo , Klaten 


Hallooo…
Apa kabar pembaca setia blog saya di bidang HVAC , kali ini saya akan membahas nih…mengenai Ruang Isolasi , yang sekarang lagi ngetrend untuk meng isolasi suspect penyakit endemic dan yang lagi menjadi pembicaraan umum adalah penanganan penderita suspect corona ( COVID 19 ) , dimana virus ini ditengarai berasal dari kota Wuhan , China . Menyebar ke seluruh dunia , termasuk Indonesia .

Ruang Isolasi itu punya beberapa syarat di bidang HVAC :
1.       Tekanan udara Ruang Isolasi harus negative dibandingkan ruang sekitarnya.  Kenapa harus begitu..karena prinsip udara adalah bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Jadi apabila ruang isolasi mempunyai tekanan yang rendah maka , udara yang berada didalam ruangan isolasi ( udara mengandung bakteri/virus ) tidak bisa keluar ruangan , ketika pintu ruangan di buka. Dan otomatis udara dari ruangan lain yang bergerak memasuki ruangan isolasi. Ini untuk mencegah penyebaran virus/bakteri ke udara bebas.
2.    Ruang Isolasi harus bebas debu dan bakteri dibandingkan ruangan lain disebelahnya. Hal ini dimaksudkan agar pasien atau petugas yang berada didalam ruangan tersebut tidaksemakin banyak terpapar bakteri/virus. Pasien akan semakin membaik kondisinya dan petugas akan merasa nyaman bekerja didalamnya. Untuk itu , dalam sirkulasi udara HVAC menggunakan filterisasi ( Pre Filter , Medium Filter dan HEPA Filter ) . Lebih bagus lagi apabila digunakan penyinaran ultraviolet di dalam jalur udaranya. Jadi bakteri/virus yang ada , menempel di HEPA Filter lalu dibunuh dengan menggunakan sinar ultraviolet.
3.     Ruang Isolasi sebaiknya mempunyai temperature di kisaran 22 derajat Celcius sampai dengan 24 derajat Celcius , hal ini lebih memberikan rasa nyaman kepada pasien dan petugas yang berada didalamnya , maka dari itu , Ruang Isolasi perlu dipasang Air Conditioner. Dan tidak ada Batasan ketentuan jenis type AC yang digunakan , namun akan lebih bagus bila menggunakan type ceiling concealed atau splitduct . Karena jenis AC ini mempunyai kemampuan menyerap kadar air tinggi. Sehingga RH ( Relative Humidity ) ruangan akan mudah dicapai.
4.   Ruang Isolasi harus mempunyai control RH , dimana kandungan uap air ( H2O ) diruangan , bisa diatur dan dikendalikan . Yaitu dengan memasang beberapa heater element pada saluran sirkulasi udaranya. Biasanya , RH ideal untuk ruang isolasi adalah diantara 40% sampai 60%.Perlu juga kita ketahui bahwa protozoa jamur / lumut tidak akan bisa tumbuh/berkembang biak pada keadaan udara yang kelembabannya rendah.
5.    Ruang Isolasi harus mempunyai pertukaran udara yang baik dan memadahi , untuk menjamin agar kandungan oksigen terfilterisasi  didalam ruangan tetap terjaga dan , membuang udara yang tidak terpakai ( terfilterisasi ) ke alam bebas. Pertukaran udara ( air change ) untuk ruang isolasi berkisar antara 20 – 30 .
Nah ..setelah semua kriteria itu di pasangkan dan di instalasi ke ruangan isolasi , maka kita harus benar benar melakukan test atau uji , baik itu uji partikel , uji RH , uji pressure , uji suhu dan lain – lain sesuai syarat dan ketentuan dari DEPKES RI mengenai Standart Ruang Isolasi .
Ingat lho….jangan sampai kita sebagai Perencana , Pengawas , Kontraktor , Team Uji dan Instaler …melakukan pekerjaan Perencanaan dan Instalasi Ruang Isolasi secara sembarangan , karena ruangan ini berhubungan jiwa/nyawa seseorang yang ada didalamnya.
Dan selanjutnya , HVAC Ruang Isolasi yang sudah ada , haruslah dilakukan perawatan dan uji secara berkala , untuk menjamin selalu terjaganya standart ruang isolasi tetap terjaga. Minimal setiap 3 atau 4 bulan sekali dilakukan penggantian semua filter dan pembersihan unit2 AC nya.
Rumah Sakit besar akan selalu mengganti filter – filternya ,  setiap ada pergantian pasien , apalagi dengan riwayat penyakit yang berbeda.
CV. DWIEKA TEHNIK YOGYAKARTA sudah berpengalaman dalam bidang instalasi tata udara ruang isolasi , dan sudah berpengalaman dalam merawat/maintenance ruang isolasi area Jogja , Solo dan sekitarnya.
Segera hubungi kami 24 jam via jalur Whatsapp  untuk konsultasi lebih lanjut  , apabila Ruang Isolasi anda sedang tidak dalam keadaan berfungsi dengan baik.

Post a Comment